• gambar
  • gambar

SMP AL IKHLASH LUMAJANG ISLAMI-MANDIRI-BERINTELEKTUAL GALI POTENSI RAIH PRESTASI MENUJU RIDLO ILAHI

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


SMP AL-IKHLASH LUMAJANG

NPSN : 20558805

Jogoyudan, Kec. Lumajang, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur 67314


info@smpalikhlashlmj.sch.id

TLP : 0334891989


          

Banner

Agenda

20 October 2020
M
S
S
R
K
J
S
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7

Statistik


Total Hits : 85963
Pengunjung : 26752
Hari ini : 32
Hits hari ini : 79
Member Online : 1
IP : 34.234.223.229
Proxy : -
Browser : Opera Mini

PROGRAM KERJA URUSAN KURIKULUM

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

 

  1. LATAR BELAKANG

Sejak berlakunya Undang-Undang RI No. 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, maka semua upaya pendidikan perlu disesuaikan dengan undang-undang tersebu--t. Hal ini termasuk pelaksanaan kegiatan pendidikan di sekolah yang dilaksanakan melalui proses belajar mengajar harus berpedoman pada kebijakan pelaksanaan kurikulum yang berlaku, sebagai penjabaran dari undang-undang tersebut diatas.

Sebagaimana dalam Undang-Undang tersebut di atas, dijelaskan bahwa Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenal isi dan bahan pelajaran, serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar (Pasal 1 butir 9 UU RI No.2 tahun 1989). Kurikulum disusun untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional dengan memperhatikan tahap perkembangan peserta didik dan kesesuaiannya dengan lingkungan, kebutuhan pembangunan nasional, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kesenian, sesuai dengan jenis dan jenjang masing-masing satuan pendidikan (Pasal 33 UU RI No.2 tahun 1989).

Pelaksanaan pendidikan didasarkan atas kurikulum yang berlaku secara nasional dan kurikulum yang disesuaikan dengan keadaan, serta kebutuhan lingkungan dan ciri khassatuan pendidikan yang bersangkutan (Pasal 38 UU RI No.2 tahun 1989). Pasal- pasal di atas membawa implikasi bahwa kurikulum dalam pendidikan dan pengajaran mempunyai kedudukan yang sangat penting dan berfungsi sebagai pedoman untuk mewujudkan tercapainya tujuan pendidikan. Mengacu pada pengertian di atas, maka kurikulum yang dipergunakan di sekolah adalah kurikulum yang dimaksud sebagai suatu rangkaian program pendidikan yang direncanakan dan dilaksanakan untuk mencapai sejumlah tujuan pendidikan tertentu. Atau dalam arti lain bagaimana cara merencanakan, mengkoordinasikan, melaksanakan dan mengendalikan mengenai proses kegiatan pendidikan di sekolah secara tertib, teratur dan terarah.

Denga nmemperhatikan uraian di atas, maka urusan kurikulum SMP Al-Ikhlash Lumajang sebagai salahsatu komponen yang bertugas membantu kepala sekolah dalam mengelola dan melaksanakan kurikulum di SMP Al-Ikhlash Lumajang, berupaya menyusun program kerja kurikulum sebagai pedoman untuk kegiatan-kegiatan kurikulum di SMP Al-Ikhlash Lumajang.

 

 

 

  1. DASAR

Sebagai dasar dalam menyusun program kerja kurikulum di SMP Al-Ikhlash Lumajang tahun pelajaran 2016/2017 adalah sebagaiberikut :

  • Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 060/U/1992 tentang Kurikulum Pendidikan dasar
  • Buku petunjuk Administrasi Sekolah lanjutan Tingkat Pertama (DirjenDiknas)
  • Hasil rapat bulan pada tanggal 15Juli 2016 di SMP Al-Ikhlash

 

 

  1. TUJUAN
  • Dari sudut manajemen program kerja kurikulum ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan semua unsur yang terlibat dalam proses belajar mengajar di SMP Al-Ikhlash Lumajang dalam hal merencanakan, mengkoordinasikan, melaksanakan dan mengendalikan sesuai dengan tugas dan tanggungjawab masing-masing.
  • Dari sudut Pedagogik program kerja kurikulum ini bertujuan untuk meningkatkan mutu proses belajar mengajar itu sendiri melalui peningkatan disiplin yang tinggi.
  • Dari sudut pelaksanaan kebijakan Departemen pendidikan Nasional, program kerja kurikulum ini bertujuan untuk ikut serta dalam melaksanakan wajib belajar Pendidikan dasar 9 tahun.

  

BAB II

PROGRAM KERJA KURIKULUM

 

 

  1. LANGKAH KERJA URUSAN KURIKULUM

Untuk mencapai dayaserap minimal, urusan kurikulum SMP Al-Ikhlash Lumajang untuk tahun ajaran 2016 / 2017 berusaha menyusun beberapa program kegiatan meliputi :

  1. Menyusun program pengajaran
  2. Menyusun dan menjabarkan kalender pendidikan
  3. Menyusun pembagian tugas dan jadwal pelajaran
  4. Mengatur penyusunan program pengajaran (program semester, program satuan pelajaran dan persiapan mengajar, penjabaran dan sesuai kurikulum).
  5. Mengatur pelaksanaan kurikuler dan ekstrakurikuler
  6. Mengatur pelaksanaan program criteria penilaian kenaikan kelas, criteria kelulusan dan laporan kemajuan belajar siswa serta pembagian raport dan Ijazah
  7. Menyusun jadwal evaluasi belajar dan pelaksanaan ujian akhir
  8. Mengatur pelaksanaan program remedial atau perbaikan dan pengayaan
  9. Mengkoordinasi, meyusun dan mengarahkan kelengkapan mengajar
  10. Mengatur pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar
  11. Mengatur pengembangan MGMP dan koordinasi matapelajaran
  12. Melakukan supervisi administrasi kelas
  13. Melakukan persiapan program kurikulum
  14. Penyusunan laporan secara berkala
  15. Penyusunan KTSP
  16. Ujian tengah semester :
  • Penyusunan kisi – kisi soal
  • Penyerahan nilai
  • Analisis soal
  • Pembagian raport tengah semester ganjil dan genap
  1. Evaluasi semester ganjil
  • Penyusunan kisi – kisi soal
  • Penyerahan nilai
  • Pengumpulan nilai akhir semester ganjil
  • Analisa soal
  • Pembagian rapor semester ganjil
  1. Evaluasi semester genap
  • Penyusunan kisi – kisi soal
  • Penyerahan nilai
  • Pengumpulan nilai akhir semester genap
  • Analisa soal
  • Pembagian rapor semester genap
  1. US/ UN Kelas IX
  • Pendampingan siswa kelas IX
  • Tahajud Call
  • Rapat persiapan US/ UN
  • Penyusunan naskah soal US
  • Rapat Kelulusan pengumuman UN
  • Pembagian Ijazah dan SKHUN
  1. Ujian Munaqosah
  • Koordinasi dengan UMMI Foundation
  • Pra Munaqosah
  • Pembagian sertifikat
  1. Ujian Prokarimah
  • Pembagian pembimbing
  • Bimbingan Prokarimah
  • Ujian/ Presentasi Prokarimah

 

 

  1. PROGRAM KERJA KURIKULUM

 

PROGRAM KERJA HARIAN URUSAN KURIKULUM

TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017

No

Kegiatan

Waktu

Keterangan

1

Mengontrol atau memeriksa pada jam awal pelajaran

ü  Cek guru yang masukdan tidak masuk pada awal pelajaran

ü  Cek saat pergantian jam pelajaran

Setiap hari efektif

 

 

PROGRAM KERJA MINGGUAN URUSAN KURIKULUM

TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017

 

No

Kegiatan

Waktu

Keterangan

1

Merekapitulasi kehadiran guru

Akhir minggu

 

2

Ikut serta pertemuan singkat dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah, sarana, kesiswaan, dan walikelas

Disesuaikan

 

3

Ikut serta Upacara Senin

Disesuaikan

 

4

Mengumpulkan RPP semua mata pelajaran

Akhir minggu

 

 

 

PROGRAM KERJA BULANAN URUSAN KURIKULUM

TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017

No

Kegiatan

Waktu

Keterangan

1

Merekapitulasi :

ü  Kehadiran guru

Setiap bulan

 

2

Mengumpulkan :

ü  Buku daftar hadir siswa

ü  Perangkat pembelajaran

Setiap bulan

 

3

Rapat Bulanan

Setiap bulan

Sesuai dengan jadwal yang telah dietapkan

 

 

PROGRAM KERJA TAHUNAN URUSAN KURIKULUM

TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017

 

No

Kegiatan

Langkah – Langkah Mencapai Keberhasilan

WaktuPelaksanaan

Keterangan

1

Meningkatkan program kerja bidang kurikulum

a.      Membuat program kerja tahunan

Juli 2016

 

2

Pembagian tugas mengajar

a.      Membagi tugas mengajar secara adil dan merata

b.      Membagi tambahan tugas

 

Juli 2016

 

3

Menetapkan kegiatan proses kegiatan belajar mengajar

a.      Membuat kalender pendidikan dan analisa waktu efektif

b.      Pembuatan jadwal pelajaran

c.       Pembuatan jadwal Pembina upacara

d.      Pembagian wali kelas

e.      Pembagian jadwal piket

f.        Pembuatan buku piket harian

g.      Mengkoordinasi pembuatan perangkat, silabus, program semester dan program tahuanan

h.      Pembuatan buku daftar penyerahan perangkat guru dan walikelas

i.        Pembuatan buku daftar penyerahan perangkat pembelajaran

j.        Pembuatan jadwal supervise kunjungan kelas

k.      Membuat jurnal mengajar bagi guru

Juli 2016

·     Jadawa lpelajaran

·     Jadwal Pembina upacara

·     Pembagian wali kelas

·     Jadwal piket

·     Buku piket harian

·     Daftar susunan perangakat pembelajaran

·     Buku penyerahan perangkat guru & walikelas

·     Buku penyerahan perangkat pembelajaran

·     Jadwal supervise kelas

·     Jurna lmengajar

 

4

Melaksanakan ujian mid semester dan ujian semester

a.       Mengkoordinasi jadwal ujian mid semester dan ujian semester

b.      Mengkoordinasi pembuatan kisi – kisi soal dan naskah soal

c.       Menyusun jadwal pengoreksian hasil ujian dan pengumpulan nilai

d.      Mengkoordinir guru membuat analisa soal

e.       Mengkoordinir pengisian daftar nilai murni, nilai mid semester atau semester, target kurikulum dan legger wali kelas

Awal & Akhir Semester

Disesuaikan dengan kelender pendidikan

5

Melaksanakan ujian nasional bagi siswa kelas IX

a.       Membuat program ujian nasional

b.      Mengkoordinir waktu tambahan belajar atau terobosan

c.       Mengkoordinir bahan ajar terobosan bersama guru MAPEL

d.      Menyusun panitia ujian nasional

e.       Menyusun tim pengawas

f.        Menyusun tim penjaga soal

 

Desember 2016 – Mei 2017

Disesuaikan dengan kelender pendidikan

6.

Melaksanakan ujian Munaqosah

a.       Mengkordinir waktu pelaksanaan ujian Munaqosah bersama UMMI Foundation

b.      Memantau pelaksanaan ujian Munaqosah

c.       Membagikan sertifikat lulus Munaqosah

Desember 2016

Koordinator UMMI

7.

Melaksanakan ujian Prokarimah

a.       Membagi pembimbing

b.      Memantau proses bimbingan prokarimah

c.       Mengkordinir pelaksanaan ujian Prokarimah

d.      Membagikan sertifikat

November 2016 - Januari 2017

 

  

BAB III

PENUTUP

 

Demikianlah penyusunan program kerja urusan kurikulum, dengan adanya langkah kerja tersebut maka urusan kurikulum SMP Al-Ikhash Lumajang berusaha untuk mencapai target dan daya serap yang diharapkan.

Dalam hal ini urusan kurikulum mengadakan perbaikan-perbaikan program kerja kegiatan mengenai teknis administrasi maupun teknis edukatif serta mengadakan pendekatan kepada semua guru matapelajaran dan wali kelas agar tugas-tugas yang dibebankan kepadanya dilaksanakan sesuai tuntutan kurikulum sehingga diperoleh hasil yang lebih baik atau meningkat terutama peningkatan dalam hal:

  1. Pencapaian target kurikulum setiap mata pelajaran
  2. Daya serap kurikulum yang dapat dilihat dar inilai rata-rata setiap tes semester atau nilai rata-rata UN/US.
  3. Hasil tes semester tiap mata pelajaran setiap semester.

 

Penyusun menyadari bahwa dalam penyusunan program kerja urusan kurikulum ini masih banyak kekurangan.  Semoga program kerja urusan kurikulum tahun pelajaran 2016 / 2017 mendapat ridha Allah SWT, Amin.

 

                      

             

PROGRAM KERJA URUSAN SARANA PRASARANA

  1. PENDAHULUAN

 

        Dalam upaya memenuhi dan melengkapi sarana dan prasarana dalam penyelenggaraan pendidikan SMP AL-IKHLASH Lumajang, maka kami berupaya merancang sarana dan prasarana SMP AL-Ikhlash. Meindak lanjuti kebutuhan sarana dan prasarana yang telah di realisasikan di tahun-tahun pelajaran sebelumnya , SMP Al-Ikhlash Lumajang tetap berupaya memaksimalkan sarana dan prasarana yang ada di sekolah  untuk menjunjang kegiatan pembelajaran yang optimal.

Yang di maksud sarana dan prasarana  sekolah adalah  adalah seluruh ruang yang ada di sekolah seperti ruang kelas, ruang guru, ruang kepala sekolah, kamar mandi siswa dan kamar mandi guru juga ruang – ruang lain yang merupakan tempat kegiatan proses belajar mengajar termasuk perlengkapannya yang meliputi meja kursi siswa, meja kursi guru, tempat air, Almari dan peralatan lain yang terinci dalam lembaran lain.

Sedang media adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan  materi pembelajaran terhadap siswa dan memotivasi siswa untuk belajar seperti White Board, model, miniatur, gambar kartun, peta, LCD, multi media, mikroskop, mistar, tabung gelas dan lain-lain.

Dari sini bisa kita simpulkan bahwa demi berlangsungnya suatu pembelajaran harus tersedia ruang dan media pembelajaran yang memadai sebab sangat berpengaruh bagi keberhasilan siswa dalam proses belajar mengajar sehingga dengan sarana prasarana yang memadai di harapkan prestasi belajar siswa semakin meningkat.

 

  1. TUJUAN JANGKA PANJANG

Meningkatkan pemeliharaan Sarana dan Prasarana sekaligus mengembangkan sarana prasarana yan berstandar nasional dan internasional.

 

  • TUJUAN JANGKA PENDEK
  • Menyediakan Sarana dan Prasarana yang standar yaitu menyeleseikan bangunan lantai 4 yaitu penyelesaian pintu dilengkapi jendela serta sarana perlengkapan lainnya
  • Melengkapi peralatan Laboratorium IPA, Mebeler Perustakaan, pengadaan sarana multi media guna persiapan mengikuti UNBK ( Ujian Nasional Berbasis Komputer)
  • Melengkapi sarana kelas berupa pengadaan sound di masing-masing kelas dan LCD.
  • Pengadaan tempat parkir siswa, tempat duduk untuk istirahat siswa serta rak sepatu dan pemagaran lahan belakang dengan pagar hidup.
  • Penambahan ruang hijau dengan penambahan jumlah tanaman serta Perawatan Intensif terhadap semua sarana dan Prasarana yang ada di sekolah.
  • Memfasiltasi Guru yang dalam proses pembelajarannya menggunakan media LCD atau yang lainnya.
  • Perbaikan sarana kantin sekolah untuk mewujudkan kantin sekolah yang sehat
  • Pengadaan meja resepsionis guna lebih memudahkan akses dengan tamu yang datang
  • Pengadaan lemari display untuk piala dan karya siswa

 

  1. SARANA DAN PRASARANA YANG DI PERSIAPKAN

 

No

Jenis

Rasio

Operasional

Pengadaan

Pelayanan

1.

Ruang kelas

·         Kursi Siswa

·         Meja Siswa

·         Kursi Guru 

·         Meja Guru

·         Lemari Guru

·         White Bord

·         Tempat sampah

·         Rak Buku

·         Papan data

·         Jam Dinding

·         Soket listrik

·         TV

·         DVD

·         LCD

 

1 buah /siswa

1 siswa/siswa

1 buah /guru

1 buah/guru

1 buah/Wl.Klas

1 buah/ruang

1 buah/ruang

1 buah /ruang

1 buah/ruang

1 buah/ruang

 

Dari lembaga

 

Dengan tersedianya kelengkapan media yang di butuhkan siswa dan guru di setiapa ruangan maka di harapkan siswa menjadi lebih aktif dalam proses belajar mengajar.

2

Ruang Perpustakaan

·         Buku

1.      Buku teks pelajaran

 

2.      Buku Panduan

 

 

 

3.      Buku Pengayaan

 

 

4.      Buku Referensi

 

 

5.      Sumber

 

6.      Belajar lain

 

 

·         Perabot

1.      Rak buku

2.      Rak majalah

3.      Rak Surat Kabar

4.      Meja Baca

5.      Kursi baca

6.      Meja kerja/sirkulasi

7.      Lemari Katalok

8.      Lemari

9.      Papan pengumuman

10.  Meja multi media

·         Media Pendidikan

1.      Peralatan Multi Media

·         Perlengkapan lain

1.      Buku Inventaris

 

2.      Tempat sampah

 

3.      Soket listrik

 

4.      Jam dinding

     

1 buku/mata pelajaran/siswa dan 2 buku/mata pelajaran/sekolah

 

1 buku /mata pelajaran/guru ybs dan 1 buku/mata pelajaran/sekolah

1000 judul/sekolah

 

40 buku/sekolah

 

 

20 judul/sekolah

 

30 judulbuku/sekolah

 

 

 

1 set/sekolah

4 set/sekolah

1 buah/sekolah

20 buah /sekolah

20 buah/sekolah

2 buah/sekolah

 

2 buah/sekolah

 

4 buah/sekolah

2 buah /sekolah

2 buah/sekolah

 

 

2 set/sekolah

 

1 buah/sekolah

 

 

1 buah per ruang

 

1 buah/ruang

 

1 buah/ruang

Dari Lembaga dan Dana Bos

 

3

Ruanag Laboratorium IPA

·         Perabot

1.      Kursi

2.      Meja siswa

3.      Meja Demontrasi

4.      Meja Persiapan

5.      Lemari alat

6.      Lemari bahan

7.      Bak cuci

 

 

·         Peralatan pendidikan      Alat peraga

1.      Mistar

2.      Jangka Sorong

3.      Timbangan

4.      Stopwatch

5.      Rol meter

6.      Thermometer

7.      Gelas ukur

8.      Massa Logam

9.      Multimeter

10.  Batang magnet

11.  Globe

12.  Model Tata Surya

13.  Garpu tala

14.  Bidang miiring

15.  Dynamo meter

16.  Katrol tetap

17.  Katrol bergerak

18.  Balok kayu

19.  Percobaa muai panjang

20.  Percobaan optik

21.  Percobaan rangkaian listrik

22.  Gelas Kimia

23.  Model Molekul sederhana

24.  Pembakar Spiritus

25.  Cawan penguap

26.  Kaki tiga

27.  Plat tetes

28.  Pipet tetes + Karet

29.  Mikroskop Monokuler

30.  Kaca pembesar

31.  Poster Genetika

32.  Model kerangka Manusia

33.  Model tubuh manusia’

34.  Gmbr.Model sistim pencernaan

35.  Gmbr.Model sistim peredaran darah manusia

36.  Gmbr.Model sistem pernafasan mausia

37.  Gmbr.Model jantung manusia

38.  Gmbr.Model telinga manusia

39.  Gmbr.Model Tenggorokan manusia

40.  Petunjuk percobaan

41.  Papan tulis

·         Perlengkapan lain

1.      Soket Listrik

2.      Alat Pemadam Kebakaran

3.      Peralatan P3K

4.      Tempat Sampah

5.      Jam Dinding

 

 

1 buah/siswa dan 1 buah/guru

1 buah per 10 siswa

2 buah /lab

1 buah /lab

1 buah/lab

4 buah/lab

 

 

10 buah/Lab

10 buah/Lab

4 buah/Lab

4 buah/Lab

3 buah/Lab

10 buah/Lab

5 buah/lab

 8 buah /Lab

6 buah/Lab

2 buah/Lab

6 buah /Lab

2 buah/Lab

10 buah /Lab

4 buah/Lab

4 buah/Lab

3 macam/Lab

2 buah/Lab

2 set/Lab

1 set/Lab

 

10 set/Lab

 

10 set/Lab

6 buah/Lab

6 buah/Lab

 

6 buah/Lab

 

6 buah/Lab

1 buh/Lab

1 buah/Lab

 

1 buah/Lab

 

1 buah /Lab

1 buah/Lab

1 buah/Lab

 

1 buah/Lab

 

1 buah/Lab

 

1 buah/Lab

 

1 buah/Lab

 

 

10 buah/Lab

 

 

 

5 buah/Lab

 

 

5 buah/Lab

5 buah/Lab

 

 

2 buah/Lab

 

1buah/Lab

Dari Lembaga

 

4.

Ruang Kepala ekolah

1.      Kursi Pimpinan

2.      Meja pimpinan

3.      Kursi dan Meja Tamu

4.      Papan statistik

5.      Simbol Kenegaraan

6.      Tempat Sampah

 

1 buah/ruang

1 buah/ruang

1 set /ruang

1 buah/ruang

1 buah/ruang

1 buah /ruang

Dari Lembaga

 

5

Ruang Guru

1.      Kursi Kerja

 

 

2.      Meja Kerja

3.      Lemari

4.      Kursi Tamu

5.      Papan Pengumuman

6.      Tempat sampah

7.      Tempat cuci tangan

8.      Jam Dinding

 

1 buah/guru+ 1 buah/wakil

 

1 buah/guru

1 buah/guru

1 set/ruang

1 buah /sekolah

1 buah/sekolah

1 buah/ruang

1 buah/ruang

Dari Lembaga

 

6

Ruang Tata Usaha

1.      Kursi kerja

2.      Meja Kerja

3.      Lemari

4.      Papan Statistik

5.      Tempat sampah

6.      Komputer

7.      Filing

8.      Brankas

9.      Telepon

10.  Jam Dinding

11.  Soket Listrik

12.  Penanda Waktu

 

 

1 buah/petugas

1 buah/petugas

1 buah/ruang

1 buah/ruang

1 buah/ruang

2 buah/sekolah

1 buah/sekolah

1 buah/sekolah

1 buah/sekolah

1 buh /ruang

1buah /ruang

1 buah/ruang

Dari Lembaga

 

7

Ruang Konseling/BK

1.      Tempat Tidur

2.      Kursi Kerja

3.      Kursi Tamu

4.      Lemari

5.      Papan

6.      Instrumen Konseling

7.      Buku Sumber

8.      Media pengembangan kepribadian

9.      Jam Dinding

 

1 buah/ruang

1 buah/ruang

1 set/ruang

1 buah/ruang

1 buah/ruang

1 buah/ruang

1 set/ruang

1 buah/ruang

 

 

1 buah/ruang

Dari Lembaga

 

8

Ruang UKS

1.      Tempat Tidur

2.      Lemari

3.      Meja

4.      Kursi

5.      Catatan Kesehatan Siswa

6.      Perlengkapan P3K

7.      Tandu

8.      Tensimeter

9.      Termometer Badan

10.  Timbangan Badan

11.  Tempat sampah

12.  Tempat cuci tangan

13.  Pengukur tinggi badan

14.  Jam Dinding

 

1 buah/Ruang

1 buah/ruang

1 buah/ruang

1 buah/ruang

1 buah/ruang

 

1 set/ruang

1 set/ruang

1 set/ruang

4 buah/ruang

1 buah/ruang

1 buah/ruang

1 buah/ruang

 

1 buah/ruang

1 buah/ruang

Dari lembaga

 

9

Ruang OSIS

1.      Meja

2.      Kursi

3.      Papan Tulis

4.      Lemari

5.      Jam Dinding

Gudang

1.      Lemari

2.      Rak

 

1 buah/ruang

1 buah/ruang

1 buah/ruang

1 buah /ruang

1 buah/ruang

 

1 buah/ruang

1 buah/ruang

Dari lembaga

 

10

Jamban

1.      Kloset jongkok( salura berbentuk leher angsa)

2.      Tempat air

3.      Gayung

4.      Gantungan Pakaian

5.      Tempat sampah

 

1 buah/ruang

 

 

1  buah/ruang

1 buah/ruang

1 buah/ruang

1 buah/ruang

Dari lembaga

 

11

Tempat Bermain/Berolah Raga

1.      Tiang Bendera

2.      Bendera

3.      Peralatan Voli

4.      Peralatan Sepak Bola

5.      Peralatan bola Basket

6.      Peralatan Atletik

7.      Peralatan Seni Budaya

8.      Peralatan Ketrampilan

9.      Pengeras Suara

10.  Tape Rcorder

 

 

1 buah/sekolah

1 buah/sekolah

1 set/sekolah

1 set/sekolah

 

1 set/sekolah

1 set/sekolah

1 set /sekolah

 

 

1 set/sekolah

4 buah/sekolah

2 buah/sekolah

Dari lembaga

Siswa mendapakan kesempatan untuk mengembangkan minat dan bakat mereka dalam berolah raga,sni dan ketrampilan.

 

  1. MASALAH YANG MUNGKIN TERJADI DAN PEMECAHANNYA

 

SMP AL-IKHLASH  telah tujuh tahun membenahi diri hampir di semua bidang, mulai dari kesiswaan, kurikulum, Kehumasan maupun sarana dan prasarana. Sarana dan prasarana telah mengalami perubahan yang pesat hampir di semua lini. Tantangan utama dari sarana yang tersedia saat ini adalah melengkapi yang belum tersedia dan pemeliharaan, perawatan yang intensif oleh semua unsur sekolah mulai dari siswa, guru, penjaga sekolah dan karyawan yang terlibat di sekolah. Dengan menumbuhkan rasa memiliki di  hati para komponen sekolah maka sarana dan prasarana yang ada akan terjaga dan terawat dengan baik.

 

  1. PELAKSANAAN

Pelaksanaan kegiatan Sarana prasarana yang telah dilaksanakan dari tahun ke tahun telah mengalami peningkatan

1

Sarana Prasarana dan Media Pembelajaran

Thn.3

Thn 4

Thn 5

Thn 6

Thn 7

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

Laboratorium Fisika

Laboratorium Biologi

Laboratorium Komputer

Laboratorium Bahasa

Pengadaan Jaringan Internet

Faximile

Ruang Kepala Sekolah

Kantin Sekolah

Koperasi Siswa

Koperasi Pegawai

Ruang Serba Guna

Ruang Multimedia

Ruang Perputakaan

Ruang rapat

Ruang Perputakaan

Ruang Ketrampilan

Ruang Kesenian

Ruang Musik

Taman Lingkungan Sekolah

1 unit

1 unit

20unit

20 unt

1 unit

1 unit

1 unit

1 unit

1 unit

0 unit

0 unit

1 unit

1 unit

1 unit

1 unit

0 unit

1 unit

0 unit

1 unit

1 unit

1 umit

30 unt

30 unt

2 unit

1 unit

1 unit

1 unit

1 unit

0 unit

0 unit

1 unit

1 unit

1 unit

1 unit

0 unit

1 unit

0 unit

1 unit

1 unit

1 unit

40 unt

40 unt

2 unit

1 unit

1 unit

1 unit

1 unit

0 unit

0 unit

1 unit

1 unit

1 unit

1 unit

0 unit

1 unit 0 unit

1 unit

1 unit

1 unit

40 unt

40 unt

2 unit

1 unit

1 unit

1 unit

1 unit

0 unit

0 unit

1 unit

1 unit

1 unit

1 unit

0 unit

1 unit 0 unit

1 unit

1 unit

1 unit

40 unt

40 unt

2 unit

1 unit

1 unit

1 unit

1 unit

0 unit

1 unit

1 unit

1 unit

1 unit

1 unit

0 unit

1 unit 0 unit

1 unit

 

  • RENCANA ANGGARAN PENGADAAN SARPRAS TP 2016 - 2017

No

URAIAN

SATUAN

JUMLAH

Ket

1

PENGADAAN DAN PEMELIHARAAN

1.1.Pengadaan

1.  Elektronik

- LCD

-Laptop

-AC

-Printer

-Kabel Olor

-Finger print

-CPU

-Kipas angin

-Peralatan UNBK

2.  Perlengkapan administrasi sekolah

- Perlengkapan kelas

- pengadaan buku perpus

- pengadaan band

3.  Pengadaan, pemeliharaan

- pengecatan sekolah

- pengadaan sound sistem

- pengadaan lemari display

1.2.Pemeliharaan

1.  Elektonik

2.  Peralatan kebersihan

3.  Peralatan  Sekolah

4.Transport/Bensin

                     JUMLAH

 

 

 

 

Rp.     3.750.000

Rp.     3.500.000

Rp.   13.000,000

Rp.     1.700,000

Rp.     1.200,000

Rp      2.500,000

Rp.     2.000.000

Rp.    1. 500.000

Rp.   15.800.000

Rp.     7.000,000

 

Rp.      1.382.500

Rp.      2.000.000

Rp.      4.700.000

 

Rp.     6.000.000

Rp.     1.750.000

Rp.      7.000.000

 

Rp.      1,000.000

Rp       1.500.000

Rp          750.000

Rp.      1.000.000

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rp.123.232.500

 

 

  • KESIMPULAN

Pengadaan sarana dan prasarana dan kelengkapan serta pemeliharaan yang intensif akan menciptakan suasana yang nyaman di sekolah sehingga tercipta suasana belajar yang menyenangkan dan hal ini akan terwujud apabila mendapat dukungan dari semua stake holder yang ada.