• gambar
  • gambar

SMP AL IKHLASH LUMAJANG ISLAMI-MANDIRI-BERINTELEKTUAL GALI POTENSI RAIH PRESTASI MENUJU RIDLO ILAHI

Pencarian

Kontak Kami


SMP AL-IKHLASH LUMAJANG

NPSN : 20558805

Jogoyudan, Kec. Lumajang, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur 67314


info@smpalikhlashlmj.sch.id

TLP : 0334891989


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 85962
Pengunjung : 26752
Hari ini : 32
Hits hari ini : 78
Member Online : 1
IP : 34.234.223.229
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

  • TEGUH HIDAYAT INDARYANTO (Guru)
    2018-11-15 14:33:34

    La taghdob wa lakal jannah...Jangan kau marah, maka bagimu surga.. (Al Hadits)
  • ERNA PRATIWI (Guru)
    2018-11-15 10:39:30

    Bekerja keras adalah bagian dari fisik Bekerja cerdas adalah bagian dari otak Dan...bekerja Ikhlash adalah bagian dari hati
  • Shinta Okta Selvi (Guru)
    2018-11-15 10:24:11

    Tiada daya dan upaya kecuali hanya milik-Nya
  • Ries Ardianto (Guru)
    2017-09-25 13:18:42

    Pengalaman adalah Sumber Pengetahuan "Albert Einstein"
  • ERNA PRATIWI (Guru)
    2017-09-25 11:30:21

    Sahabat bukan dia yang mengenalmu sudah lama,tetapi sahabat adalah Dia yang tidak pernah meninggalkanmu dalam KONDISI APAPUN
  • TEGUH HIDAYAT INDARYANTO (Guru)
    2017-09-20 14:31:42

    "Isy kariiman au mut syahiidan " Hidup mulia atau mati syahid "
  • LINDA NURMAWATI (Guru)
    2017-09-18 15:14:10

    SMP Al Ikhlash Lumajang....jaya slalu maju terus pantang mundur...Allohuakbar

UJI PUBLIK PEMBELAJARAN ALQUR\'AN




Patut selayaknya mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT, hari  Sabtu, 9 Februari 2019 Alhamdulillah, SMP Al Ikhlash Lumajang bisa melaksanakan kegiatan Khataman dan Uji Publik Al Quran metode Ummi angkatan ketiga. Untuk kesempatan kali ini, dari siswa yang mengikuti ujian demi ujian Al Quran, berhasil lulus 79 siswa yang kemudian menjalani kegiatan Imtihan baik tartil maupun tahfidz yang kemudian mengikuti prosesi uji publik.

Kegiatan Khataman dan uji publik ini adalah bentuk tanggung jawab sekolah atas pelaksanaan kegiatan pembelajaran Quran dengan menggunakan metode Ummi. Setelah siswa-siswa yang selesai menempuh ketuntasan jilid, mereka diuji melalui kegiatan Munaqosah, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Imtihan untuk uji publik. Demikian sambutan koordinator Al Quran.

Kegiatan uji publik ini diawali dengan prosesi khataman, siswa membacakan surah dari An-Naas sampai At-Takatsur. Para tamu undangan dan wali murid bisa menyimak, meski tidak begitu mendalami ilmu Qur'an, cukup dengan mendengarkan akan bisa mengetahui perbedaan bacaan yang dilantunkan. Setelah itu, para siswa menunjukkan pembelajaran Gharib, yaitu cara membaca ayat di beberapa tempat Al Qur'an yang mempunyai hukum bacaan secara khusus. Setiap ayat yang dibaca, siswa menguraikan hukum bacaan yang terdapat pada ayat tersebut serta disebutkan ayat, surah dan juznya.

Setelah prosesi khataman, dilanjutkan dengan kegiatan uji publik. Para hadirin dan wali murid dipersilahkan untuk memberikan pertanyaan terkait dengan bacaan Quran. Mereka bisa memilih siswa perorangan ataupun semua peserta. Meski dengan sedikit grogi karena sedang diuji oleh hadirin, alhamdulillah semua peserta mampu menjawab dengan cekatan hukum bacaan serta bacaan yang benar pada ayat yang dipilih oleh para hadirin. Bukan hanya peserta saja yang deg-degan, hadirin terutama orang tua peserta ikut berdebar juga.

Selanjutnya prosesi Imtihan selesai, dilanjutkan dengan penyerahan syahadah atau sertifikat metode Ummi, sebagai tanda sudah lulus pembelajaran Quran metode Ummi. Tetapi meski sudah lulus, kewajiban untuk selalu mengulang-ulang bacaan harus terus dilakukan.Semoga mereka menjadi generasi Quran yang akan selalu bersama Quran di setiap saat. Menjadi keluarga Quran dan menginspirasi yang lain untuk lebih mencintai dan bersama Al Quran.

 



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :

 

Komentar :


   Kembali ke Atas